Kepton Diyakini Bakal Jadi Provinsi Pancasila

 

BAUBAU, Suryakepton.com – Wacana kelahiran Provinsi Kepulauan Buton terus digelorakan. Bahkan pada kelahirannya sebagai Provinsi, Kepton diyakini akan menjadi ‘Provinsi Pancasila’.

Pada rilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si menyebutkan, dalam kunjungannya ke Kota Baubau (16/3) di Kelurahan Palabusa, anggota Dewan Permbangan Presiden (Wantimpres) Dr. (HC) IGK. Manila, SIP di dampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau, La Ode Ahmad Monianse, menegaskan hal itu.

“Ke depan daerah ini menjadi “Provinsi Pancasila”, dan ini adalah perjuangan kita semua. Saya hanya bisa berdoa, semoga di usia ke-77 tahun ini saya masih sempat melihat Kota Baubau dan Buton umumnya menjadi sebuah provinsi, karena bahannya sudah ada yakni masyarakat Pancasila,” kata IGK Manila.

Hal lain berkaitan dengan potensi daerah, IGK Manila mengakui jika Kepulauan Buton  memiliki hasil bumi dan lautnya yang sangat melimpah dan yang paling penting adalah sejarahnya sangat luar biasa.

“Saya sudah berbicara dengan Bapak Wakil Wali Kota tentang sejarah Kota Baubau dan Kesultanan Buton. Saya memberitahukan agar apa yang bapak wakil wali kota tahu tentang sejarah Kota Baubau ini agar segera di bukukan. Nanti saya yang mencetaknya agar dalam kurung waktu masa kepemimpinan bapak wakil walikota buku itu bisa segera jadi,” ujar Manila.

Manila pun mengakui bila dirinya merasa terhormat jika saran dirinya diterima sekaligus terlibat dalam mengangkat nilai sejarah daerah ini, sehingga ke depan menjadai bahan pelajaran bagi generasi di masa depan

“Pemuda-pemuda, mari terus budayakan dan lestarikan  budaya kita, bangga menjadi anak buton dan bangga menjadi anak Kota Baubau,” tegas Manila.

Beraitan dengan diskusinya dengan warga Palabusa, IGK. Manila juga memberikan saran kepada warga yang sempat hadir dengan mata pencahariannya sebagai petani rumput laut, petani mutiara dan petani lobster agar membuat kelompok koperasi dan menjual hasil panennya di koperasi.

Sementara itu, Wakil Walikota Baubau, Monianse mengatakan, secara administratif Kota Baubau telah siap menjadi sebuah ibu kota provinsi, hanya saja ada beberapa sektor pendukung yang perlu di benahi dan tingkatkan lagi, baik dari sektor ekonomi maupun pembangunan.

“Kedua sektor tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan kedepannya, sektor pembangunan dalam hal ini yang perlu di tingkatkan yakni pacuan transportasi udara, dimana ini merupakan salah satu faktor pendukung di bidang ekonomi dan pendapatan daerah,” kata Wawali Monianse.

Di acara bertema Kota Baubau Tahun 2019 : “Pemantapan pemerintah daerah dalam mengoptimalkan potensi ekonomi, kualitas layanan dasar dan konektifitas wilayah”, ini Wantimpres IGK Manila menyampaikan pendapatnya bila daerah ini sangat layak menjadi provinsi. (Adm)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.