Walikota Baubau Apresiasi Reuni SMP1-85 dan SMA1-88

BAUBAU, suryakepton.com – Walikota Baubau Dr. H. AS. Tamrin, MH begitu tampak rileks dan bergembira di acara reuni alumni SMP Negeri 1 Baubau angkatan tahun 1985 dan alumni SMA Negeri 1 Baubau angkatan 1988. Setidaknya reuni, di mata seorang AS. Tamrin dinilainya sebagai upaya membangkitkan kesadaran, kepedulian, dan memberi dampak psikologis bagi generasi pelanjutnya.

Menurut wali kota bahwa kegiatan para alumni dari sekolah tersebut dengan sejumlah kegiatan sosial diantaranya; kunjungan tali asih ke panti asuhan, yasinan, hingga jalinan rasa yang dipusatkan di Pantai Nirwana adalah bentuk-bentuk kegiatan yang sejatinya berkelanjutan, karena memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar dan juga sesama manusia.

“Saya mengapresiasi positif reuni ini, dan saya teramat bergembira dengan laporan dari ketua panitia dan ketua IKA,” tandas Wali Kota AS. Tamrin dalam sambutannya Sabtu semalam, 9 Maret 2019 di Galaxi Inn Hotel.

Dirilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si, menyebutkan acara reuni ini dimulai dengan sambutan Ketua Panitia AM. Yunus Nontji dan kemudian Ketua IKA SMP1-SMA1 Baubau, La Mane Mela, dan dihadiri segenap reuni yang hadir dari berbagai daerah seperti Jakarta, Palu, Kendari, Papua, dan berbagai daerah dari kawasan kepulauan Buton.

Hal lain yang diungkap wali kota pada kesempatan ini berkaitan dengan makna reuni adalah tentang kenangan masa lalu, susah, indah, menjengkelkan pada hakikatnya adalah ingatan-ingatan yang menyenangkan, yang kemudian hadir dalam sistuasi keakraban di masa kekinian, sehigga tentunya akan menimbulkan ‘rasa’ yang sulit terlupakan.

“Karena rasa itu pula, muncul kesadaran, kepedulian. Karenanya di tahun mendatang ada baiknya digelar di sekolah sehingga memberi dampak psikologis bagi generasi selanjutnya,” imbau wali kota.

Pada kesempatan ini, Wali Kota AS. Tamrin ikut bernostalgia, dengan menyebut dirinya sebenarnya pernah menjadi bagian SMP Negeri 1 Baubau di tahun 1974, namun kemudian sekolahnya ‘dimekarkan’ sehingga ia harus pindah ke SMP 2 Baubau, dan tamat di sana.

Ketua IKA, La Mane Mela saat memberikan sambutannya.

Sebelumnya, Ketua Panitia AM. Yunus Nontji menyebutkan bila sebelum pertemuan ini sudah didahului dengan kegiatan sosial, seperti pengajian bagi alumni yang telah meninggal dunia, tali asih ke panti asuhan Hidayatullah, silaturrahim ke SMP Negeri 1 Baubau, dan keseluruhan kegiatan digelar atas swadaya alumni.

Sementara ketua IKA, La Mane Mela memaparkan sejarah berdirinya ikatan alumni tersebut diawali pertemuan biasa di tahun 2014 dan kemudian dideklarasikan tahun 2015, dan kegiatannya telah berjalan rutin setiap tahunnya.

Beberapa alumni yang terlihat hadir diantaranya M.Si, Ny. Wa Ode Nursanti Monianse, sekretaris panitia reuni, H. Nasir S.Pd., Dosen UHO Ir. Safril Kasim, M.Sc, Ahmad Rizal Aziz, istri mantan Kapolda Sultra, seorang staf Kemeterian Kominfo RI, Kadis Koperasi dan UK Buton, Murtaba Muru dan beberapa politisi lokal Baubau dan Buton. Juga hadiri salah seorang guru senior SMP Negeri 1 Baubau dan Kepala SMP 1 Baubau saat ini.

Acara diakhiri dengan pemotongan kue ulang tahun IKA SMP Negeri 1 Baubau yang ke 5 tahun oleh Wali Kita Baubau. (Adm)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.